Sunday 3 June 2012

Membuat Data DEM dari shapefile kontur


Pernah suatu ketika saya menemui satu tantangan yang cukup rumit pada waktu itu. Tantangan itu adalah membuat kontur dengan selang 12.5 meter berdasarkan data polyline kontur dengan selang 25 meter.

Setelah berkutat dengan klak-klik beberapa hari, bahkan sempat mendigitasinya secara manual di sopware  ArcView pada waktu itu (maklum waktu itu masih kuper, kurang bertanya) akhirnya saya bertemulah dengan Global Mapper.

Salah satu feature yang ada didalamnya adalah GRID – Create elevation grid from 3D vector data. Dengan metode ini akan di Generate Data Raster DEM berdasarkan data vector yang memiliki atribut ketinggian berupa data numeric. Metode ini mengaplikasikan prinsip pembuatan data TIN untuk mengGenerate data DEMnya dari vertices2 pada garis2 vector konturnya. Ilustrasinya pembentukan TIN (triangulated irregular network) sebagai berikut :


Vertices nodes adalah titik tempat dimana suatu bagian vector berbelok. Model permukaan dibentuk dari segitiga2 yang terbentuk antar vertices2 nodes. Setelah terbentuk data DEMnya maka saya melakukan Generate ulang kontur dengan selang 12.5 m dan berhasil.


Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video dibawah ini.

0 comments:

Post a Comment